Cara Mengobati Amandel

Cara Mengobati Amandel – Amandel, mungkin ini bukan tergolong penyakit yang berbahaya. Tetapi penyakit ini dapat mengganggu apabila tidak segera disembuhkan. Amandel atau tonsil merupakan dua massa jaringan limfatik atau sebagai siste kekebalan tubuh yang letaknya adalah dibelakang bagian tenggorokan. Amandel bisa menghasilkan suatu antiboti yang bisa membantu untuk melawan infeksi dari pernapasan yang terjadi. Saat seseorang lahir, amandel ini mempunyai ukuran yang kecil dan dengan bertahap akan membesar seiring dengan usia yang semakin bertambah. Kemudian di sekitar usia 11-12 tahun maka amandel ini biasanya akan menyusut namun tidak menghilang. Disaat amandel atau tonsil mengalami infeksi, maka akan terjadi penyakit amandel atau radang amandel dalam dunia kedokteran yang disebut dengan istilah tonsilitis.

Cara Mengobati Amandel

Cara Mengobati Amandel

PENYAKIT AMANDEL

Biasanya pada penyakit radang amandel lebih sering menyerang anak-anak yang masih bersekolah di usia 3-7 tahun. Hal ini disebabkan karena di masa ini amandel memerankan peran yang paling aktif dalam melawan terjadinya infeksi. Dan jika anak semakin tumbuh, maka tonsil ini akan mengalami penyusutan atau mengecil, dan infeksi yang terjadi juga akan semakin berkurang. Radang amandel sifatnya tidak berbahay kecuali jika pembengkakan yang terjadi dibagian amandel mengalami perkembangan. Keadaan yang seperti ini akan membuat pembengkakan yang terjadi menjadi semakin parah dan bisa menghambat sistem pernapasan anak. Keadaan seperti ini biasanya akan berlangsung sebanyak 4-5 kali dalam setahun. Infeksi yang terjadi pada telinga serta masalah dibagian adenoid atau pembengkakan yang terjadi dibagian belakang rongga hidung atas amandel juga bisa terjadi dalam waktu yang bersamaan.

CARA MENGOBATI AMANDEL

Berikut ini ada 3 bahan untuk Cara Mengobati Amandel :

1. Cara Mengobati Amandel alami Pertama

Bahan-Bahan :

– 2 buah mengkudu
– Madu murni secukupnya

Cara Pemakaian :

– Buah mengkudu diperas terlebih dahulu, lalu saring
– Kemudian tambahkan sedikit air panas
– Setelah itu air perasan dimasukkan ke dalam gelas
– Tambahkan madu asli dan aduk sampai rata
– Gunakan untuk berkumur terlebih dahulu lalu ditelan
– Lakukan 3 kali sehari

2. Cara Mengobati Amandel tradisional Kedua

Bahan-Bahan :

– 3 buah jeruk nipis
– Kapur sirih secukupnya

Cara Pemakaian :

– Jeruk nipis diperas dan ambil airnya
– Kemudian tambahkan sedikit kapur sirih
– Lalu aduk sampai bahan tercampur rata
– Minum sebelum tidur pada malam hari
– Lakukan selama 3 hari berturut-turut

3. Cara Mengobati Amandel herbal Ketiga

Bahan-Bahan :

– 15 gram kulit manggis kering
– 2 sendok teh minyak permen

Cara Pemakaian :

– Kulit manggis direbus dengan 2 botol air
– Diamkan hingga mendidih dan tersisa 1 botol
– Kemudian tetes minyak permen dan aduk hingga rata
– Gunakan untuk berkumur selama beberapa menit lalu telan
– Lakukan secara rutin 3 kali sehari

CARA MENCEGAH PENYAKIT AMANDEL

Cara mengobati amandel harus disertai dengan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah :

  1. Cucilah tangan sebelum makan atau minum hal ini merupakan cara yang paling baik dalam mencegah terjadinya infeksi
  2. Tutup dengan tisu saat sedang bersin atau saat sedang batuk
  3. Jangan menggunakan alat makan dan minum bersamaan
  4. Menjauhlah dari orang yang sedang sakit
  5. Memberikan gizi serta nutrisi yang baik bagi anak dan jangan makan sembarangan

Operasi pembedahan penyakit amandel dilakukan hanya untuk pasien yang mengalami kasus sakit amandel yang parah. Pengangkatan amandel ini disebut dengan istilah tonsilektomi. Kebanyakan dari tindakan tonsilektomi ini dilakukan dengan menggunakan pisau bedah biasa untuk membantu memotong amandel, namun masih banyak lagi teknologi alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Saat ini, dokter biasanya menggunakan alat laser, gelombang radio, energi ultrasonik dan juga elektrokauter yang bisa membantu memotong, membakar, serta menguapkan bagian amandel yang mengalami pembengkakan. Sama seperti operasi lainnya yang dilakukan, semua metode operasi pasti mempunyai kekurangan dan juga kelebihan. Karena disaat kita mempertimbangkan prosedur apa yang hendak dijalani, hal ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mendiskusikan suatu pilihan tadi pada dokter bedah agar bisa melakukan pengobatan menjadi lebih tepat dan juga sesuai dengan keinginan kita.

Biasanya setelah melakukan teknik pengobatan tonsilektomi, maka harus beristirahat dengan cukup. Dan sebaiknya pastikan bahwa pasien mendapatkan asupan cairan yang cukup, namun jangan konsumsi produk susu 24 jam pertama setelah melakukan tonsilektomi. Rasa sakit yang muncul dibagian tenggorokan bisa saja disebabkan karena anak tidak mau makan. Beberapa hari setelah operasi, biasanya pasien akan mengalami demam yang ringan dan juga bintik kecil darah yang keluar dari hidung serta dari air liur. Jika demam yang terjadi suhunya lebih dari 38 derajat celcius atau jika Nada melihat ada darah merah yang segar, sebaiknya jangan panik dan langsung lakukan pemeriksaan ke dokter.

Cara Mengobati Amandel

 


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Cara Mengobati Radang Amandel and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.